Friday 15 March 2013

Cara Membuat Layang-layang



Cara Membuat Layang-layang
Beli atau buat sendiri? Berikut cara-cara membuatnya:

Persiapkan bahan-bahan berikut:
1 potong bambu tipis dengan lebar +/- 1 cm dan panjang +/- 80 cm, 1 potong buluh tipis dengan lebar +/- 1 cm dan panjang +/- 40 cm, Kertas tissue atau kertas minyak dengan ukuran sesuai dengan ukuran buluh, gam, Pita gulung agak tebal, Tali atau benang, Gunting, gam, kertas "tracing"
Cara Membuat:

kerjainsendiri.com

Letakkan kedua bambu secara menyilang dengan titik pertemuan pada 1/3 dari bambu yang paling panjang Lekatkan kedua bambu tersebut dengan menggunakan tali atau benang.

Ikat dan hubungkan ke empat hujung buluh dengan tali atau benang hingga membentuk wajik. Sekarang rangka layang-layang selesai, lalu letakkan rangka layang-layang tersebut diatas kertas.

Tanda kertas tersebut sehingga mengikuti bentuk rangka layangan.  Tambahkan ekstra 2.5 cm untuk garis potongan.

Gunting kertas tersebut mengikuti garis potongan.

Lipat bagian kertas kearah belakang, lalu lekatkan pada rangka dengan menggunakan gam.

Untuk keseimbangan, tambahkan ekor dari tali atau benang sepanjang sekitar 1 meter, ikatkan pada bahagian bawah layang-layang. Langkah seterusnya, tambahkan guntingan kertas untuk perhiasan.

Buatlah lubang di tengah-tengah layangan (dekat dengan tempat penyilangan bambu rangka) masukkan tali atau benang layangan ke lubang dan ikatkan ke titik persilangan, lalu ikatkan hujung yang lain ke hujung bawah rangka layangan ( panjang tali sekitar 90cm)


Hary - kerjainsendiri.com

No comments:

Post a Comment